Search

Potret Sejarah sekarang tersedia Versi Mobile nya.. ==KLIK DISINI==

Potret Sejarah "Universitas Indonesia"

Written By Deni Kurniawan on Minggu, 20 Maret 2011 | 02.20.00



Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terdapat dibagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia adalah lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di Indonesia,dengan ranking yang tertinggi di Indonesia pada peringkat Times Higher Education Supplement World University Rankings of 2006 UI mendapat rangking 395 di THES World University Rankings of 2007, di antara 11000 universitas yang dinilai di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2008, UI menduduki peringkat ke-287 di antara top university di dunia[3] dan pada tahun 2009 menduduki peringkat ke-50 besar di Asia.Pada bulan Oktober 2009, UI menduduki peringkat ke-201 di antara top university di dunia.

Selama tahun 2007-2008 Universitas Indonesia telah melalui serangkaian reformasi su
bstantif dibidang akademik dan non-akademik. Sebagai contoh, terdapat peningkatan pendapatan dari Rp 800 Milliar menjadi 1.6 Trilliun Rupiah pertahun.Jumlah publikasi ilmiah juga semakin meningkat.




SEJARAH

Sejarah Universitas Indonesia dapat ditelusuri sejak tahun 1851. Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan. Pelajar di sekolah itu mendapatkan pelatihan kedokteran selama dua tahun. Lulusannya diberikan sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese Doctor), bergelar demikian karena dokter ini hanya diberi izin untuk membuka praktek di wilayah Hindia Belanda, terutama di pulau Jawa. Pada tahun 1864, program pendidikan tersebut ditambah waktunya menjadi tiga tahun, dan pada tahun 1875 menjadi 7 tahun. Gelar yang diberikan pun berubah menjadi Dokter Medis (Medical Doctor)

Pada tahun 1898, pemerintah kolonial mendirikan sekolah baru untuk melatih tenaga medis, yaitu STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen). Pendidikan di STOVIA berlangsung selama 9 tahun: 3 tahun setingkat SMP, tiga tahun setingkat SMA, dan tiga tahun lainnya setingkat Diploma. Banyak lulusan STOVIA yang kemudian memainkan peranan penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.




Gedung Geneeskundige Hogeschool di Batavia (1927)





Pada tahun 1924 pemerintah kolonial mendirikan RHS (Rechts Hogeschool) yang bertujuan untuk memenuhi tenaga administrasi sipil rendahan. RHS inilah yang menjadi cikal-bakal Fakultas Hukum UI. Pada tahun 1927 mengubah status dan nama STOVIA menjadi GHS (Geneeskundige Hogeschool). Gedung pendidikan dan pelatihan kedokteran yang digunakan GHS menjadi gedung Fakultas Kedokteran UI saat ini. Banyak alumni GHS yang kemudian berperan besar dalam pendirian Universitas Indonesia.

Setelah kemerdekaan Indonesia dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (BPTRI) didirikan di Jakarta. BPTRI memiliki tiga fakultas, yaitu Kedokteran dan Farmasi, Sastra, dan Hukum. Pada tahun yang sama, institusi ini berhasil meluluskan 90 orang sebagai dokter. Ketika tentara kolonial Belanda kembali menguasai Jakarta di akhir tahun 1945, BPTRI dipindahkan ke Klaten, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Pada tanggal 21 Juni 1946 NICA mendirikan sebuah Nood Universiteit atau Universitas Sementara di Jakarta. Pada tanggal 21 Maret 1947, nama Nood Universiteit diganti menjadi Universiteit van Indonesie (UVI). Akhirnya, setelah Jakarta berhasil diambil alih kembali, pemerintah mengembalikan BPTRI ke Jakarta dan menggabungkannya dengan Universiteit van Indonesie, dan memberinya nama baru Universiteit Indonesia (UI).

UI secara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.P Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universiteit Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, tepatnya di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke salah satu bangunan bekas pabrik madat di Jl. Samlemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 kemudian dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

Awalnya, UI memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota, yaitu Fakulteit Kedokteran, Fakulteit Ilmu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat, serta Fakulteit Sastra dan Filsafat di Jakarta; Fakulteit Ilmu Alam dan Ilmu Pasti, Fakulteit Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Lembaga Pendidikan Guru Menggambar di Bandung; Fakulteit Pertanian dan Fakulteit Kedokteran Hewan di Bogor; Fakulteit Ekonomi di Makassar; Fakulteit Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi di Surabaya.

Pada tahun 1955, Undang-Undang No. 10 tentang pengubahan kata universiteit, universitet, dan universitit disyahkan, sehingga sejak itu, Universiteit Indonesia secara resmi diubah namanya menjadi Universitas Indonesia.

Berangsur-angsur fakultas-fakultas yang berada di daerah memisahkan diri membentuk lembaga pendidikan yang berdiri sendiri. Pada tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung terbentuk dan berkembang menjadi Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya pada 1 September 1963 Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI memisahkan diri pula menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini menjadi perguruan tinggi pertanian terkemuka bertaraf internasional. Fakultas di Surabaya menjadi Universitas Airlangga dan di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin. Pada 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan kini berubah kembali menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Ketika Orde Baru dimulai pada tahun 1966, pemerintah menunjuk beberapa guru besar UI untuk menduduki jabatan menteri dengan tujuan untuk memulihkan kembali situasi ekonomi nasional. Sejak saat itu, UI secara konstan telah memberikan kontribusi nyata pada usaha-usaha pemerintah untuk meraih kemakmuran nasional.






Pada tanggal 26 Desember 2000 melalui Peraturan Pemerintah RI Nomor 152 tahun 2000, UI ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri mandiri berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Dalam status tersebut, UI wajib lebih mengedepankan kinerja pengelolaan sebuah universitas publik dengan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan transparansi.


Lambang

Lambang Universitas Indonesia terdiri dari dua unsur, yaitu pohon dengan cabang-cabangnya, dan makara. Ide dasar bentuk lambang Universitas Indonesia adalah kala-makara. Kala adalah kekuatan dari atas (Matahari), sementara makara adalah kekuatan dari bawah (Bumi). Kedua kekuatan itu kemudian dipadukan dan distilir oleh Sumartono, mahasiswa Angkatan 1951 Seni Rupa Fakulteit Teknik Universiteit Indonesia, menjadi makara yang melambangkan Universitas Indonesia yang ilmu dan karyanya menyebar ke segala penjuru.



 
Bagian-bagian dalam lambang UI

Pohon berikut cabang dan kuncup melambangkan pohon ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuannya, sementara kuncup tersebut suatu saat akan mekar dan menjadi cabang ilmu pengetahuan baru. Kuncup-kuncup itu akan senantiasa mekar selama pohon ilmu pengetahuan itu hidup. Dengan demikian, Sumaxtono ingin menyatakan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan zaman.

Makara yang mengalirkan air melambangkan hasil yang memancar ke segala penjuru. Makna yang diberikan Sumaxtono adalah Universitas Indonesia sebagai sumber ilmu pengetahuan, akan menghasilkan sarjana-sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, dan berkepribadian, serta bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat, dan mampu menyelesaikannya sesuai dengan kaidah-kaidah akademik, di mana pun mereka berada.

Rancangan desain berikut maknanya diperlihatkan oleh Sumaxtono kepada Srihadi (mahasiswa Seni Rupa FT-UI, Bandung Angkatan 1952) pada tahun 1952. Namun, tidak diketahui kapan dan siapa yang mengesahkan lambang UI tersebut.

Buku pertama yang menggunakan lambang Universitas Indonesia di sampulnya untuk pertama kali adalah buku Universiteit Indonesia, Fakulteit Teknik, Bandung: Rentjana Untuk Tahun Peladjaran 1952-1953 (Percetakan AID, Bandung, 120 hlm.)

Panji

UI memiliki panji berbentuk kapak yang lazim digunakan pada zaman neolithikum, yang merupakan masa peralihan dari zaman batu ke zaman perunggu. Hal ini melambangkan sifat dinamis bangsa Indonesia yang selalu mengikuti zaman.

Di tengah kapak tersebut terdapat lambang Universitas Indonesia yang berbentuk bulat seperti matahari, melambangkan Universitas Indonesia sebagai penyuluh dan pelopor rakyat Indonesia di bidang ilmu pengetahuan. Lambang UI bewarna kuning keemasan pada panji dan bendera fakultas atau satuan organisasi di lingkungan UI melambangkan kebesaran dan keagungan.[7]

Setiap fakultas di UI memiliki warna panji yang berbeda-beda, yaitu:

    * Hijau tua untuk Fakultas Kedokteran
    * Hijau tua-putih untuk Fakultas Kedokteran Gigi
    * Hitam-biru tua untuk Fakultas MIPA
    * Biru tua untuk Fakultas Teknik
    * Merah tua untuk Fakultas Hukum
    * Abu-abu untuk Fakultas Ekonomi
    * Putih untuk Fakultas Ilmu Budaya
    * Biru Muda untuk Fakultas Psikologi
    * Jingga untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    * Ungu untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat
    * Biru tua-merah untuk Fakultas Ilmu Komputer
    * Biru muda-biru tua untuk Fakultas Ilmu Keperawatan
    * Hijau tua orange biru tua untuk Sekolah Vokasi
    * Cokelat untuk Program Pascasarjana

PERINGKAT DAN PRESTASI

Tahun 2009, Universitas Indonesia berada pada peringkat 201 pada Times Higher Education Supplement World University Rankings 2009, dan merupakan peringkat pertama universitas di Indonesia. Peringkat kedua diraih oleh Universitas Gadjah Mada dan peringkat ketiga adalah Institut Teknologi Bandung.

Menurut survey lokal yang terakhir dari Globe Asia (2008) UI mendapat rangking pertama diantara universitas-universitas di Indonesia. Laporan ini juga didukung oleh Majalah Tempo, sebuah majalah utama di Indonesia, yang melakukan survey dan analisa tentang ranking universitas dan pendidikan di Indonesia. Universitas Indonesia dinilai sebagai Universitas yang paling vibrant di Indonesia. Sejak tahun 2004, survey majalah Tempo melaporkan fakta bahwa lulusan UI adalah diantara sarjana lulusan terbaik di Indonesia menurut beberapa kriteria seperti kualitas lulusan, citra yang baik, kepuasan industri yang menggunakan tenaga kerja, kualitas pengajaran, metodologi pendidikan, kualitas fasilitas kampus yang berbasis lingkungan taman hutan raya yang hijau, serta keketatan persaingan masuk ke perguruan tinggi.

Pada tahun 2008, Universitas Indonesia menjadi Pemenang dalam Indonesia ICT award untuk Smart Campus dengan Best Content and Application. Untuk kategori Accessibilty and Connectivity, Universitas Indonesia juga mendapat Merit Award. Saat ini 90% area universitas sudah dilingkupi oleh infrastruktur dan layanan IT (hostpot) dengan bandwidth sebesar 305 Mbytes per second ke Internet dan 155 Mbps ke Jaringan Riset Pendidikan Tinggi Indonesia (INHERENT)

7 komentar:

Anonim mengatakan...

FISIP Dasar Warnanya bukan jingga namun orange....

Anonim mengatakan...

orange itu artinya jingga bung jika dalam bahasa indonesia.. oranye adalah bahasa serapan..

benpratama mengatakan...

usul saya agar para pemimpin UI tidak menurunkan kebijakan yang otoriter terhadap warga sekitar terutama mengenai penutupan akses pintu keluar masuk semua ini demi kelangsungan proese belajar mengajar yang aman nyaman dan kondusif.

benpratama mengatakan...

belakangan ini pimpinan UI terus berupaya menutup akses pintu keluar masuk yang ada di kelurahan pondokcina dan kelurahan kukusan, padahal ribuan mahasiswa ui dan sejumlah karyawannya kost di lokasi tersebut, dengan dilakukannya penutupan pintu masuk maka dapat menghambat waktu mereka beraktifitas di UI.. saran saya, diperketat saja bagi kendaraan yang akan masuk ui kan UI satpam nya banyak manfaatkan dong secara maksimal.. kalo di tutup kesannya UI gak bersahabat dg warga sekitar padahal kontribusi masyarakat terhadap ui cukup besar, contohnya merelakan tanahnya di gusur utk kepentingan UI, mendirikan rmh kost utk mahasiswa, ojeg utk percepatan mahasiswa dan karyawan, rmh makan utk kepentingan mahasiswa dan karyawan..kalo pintu di tutup, usaha dan perekonomian warga akan tersendat. pertanyannya apa sih yang salah dari warga sekitar??? tolong dong kebijakan menutup pintu ui ditinjau ulang.. anda yng berkuasa dan kami yang berhamba hanya beda nasib, tp di mata sang kholiq kita adalah sama.. ingat kita akan kembali ke tanah dan cacing dalam tanah kuburan akan memakan kita sesuai amanah yang kita jalankan sesuai kebijakannya.. mudah2an kita semua berada dalam kebaikan dan ridho nya ..aminnn.

benpratama mengatakan...

belakangan ini pimpinan UI terus berupaya menutup akses pintu keluar masuk yang ada di kelurahan pondokcina dan kelurahan kukusan, padahal ribuan mahasiswa ui dan sejumlah karyawannya kost di lokasi tersebut, dengan dilakukannya penutupan pintu masuk maka dapat menghambat waktu mereka beraktifitas di UI.. saran saya, diperketat saja bagi kendaraan yang akan masuk ui kan UI satpam nya banyak manfaatkan dong secara maksimal.. kalo di tutup kesannya UI gak bersahabat dg warga sekitar padahal kontribusi masyarakat terhadap ui cukup besar, contohnya merelakan tanahnya di gusur utk kepentingan UI, mendirikan rmh kost utk mahasiswa, ojeg utk percepatan mahasiswa dan karyawan, rmh makan utk kepentingan mahasiswa dan karyawan..kalo pintu di tutup, usaha dan perekonomian warga akan tersendat. pertanyannya apa sih yang salah dari warga sekitar??? tolong dong kebijakan menutup pintu ui ditinjau ulang.. anda yng berkuasa dan kami yang berhamba hanya beda nasib, tp di mata sang kholiq kita adalah sama.. ingat kita akan kembali ke tanah dan cacing dalam tanah kuburan akan memakan kita sesuai amanah yang kita jalankan sesuai kebijakannya.. mudah2an kita semua berada dalam kebaikan dan ridho nya ..aminnn.
1 Oktober 2015 11.10 - See more at: http://tentang-sejarah.blogspot.co.id/2011/03/potret-sejarah-universitas-indonesia.html?showComment=1443672642286#c8381621008039433182

Unknown mengatakan...

katanya dlu di UI tempatnya serem ya? hiiiiiii...

Unknown mengatakan...

UI alngkah eloknya memberi beasiswa
buat anak anak dari keluarga kurang mampu yang pintar pintar..
tidak cenderung high biaya ..
semoga seluruh universitas negeri di Indonesia menyadari,
negara mendirikan kannya utk membantu rakyat kecil yang punya putra putri cerdas ..

Posting Komentar

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service